Sunday, September 2, 2012

materi UHT kelas xi sem 1


MATERI I
HIRAGANA

MATERI II
Keluarga          : Kazoku
Saudara           : Kyoudai

Mengehitung Jumlah orang                             
*1 Orang : Hitori
*2 Orang : Futari
3 Orang : Sannin
*4 Orang : Yonin
5 Orang : Gonin
6 Orang : Rokunin
*7 Orang : Shichinin
8 Orang : Hachinin
9 Orang : Kyuunin
10 Orang : Juunin
11 orang : juu ichi nin
12 orang : juu ni nin
21 orang : ni juu ichi nin
Nannin : berapa orang


Yonin kazoku desu : Empat anggota keluarga
Sannin kazoku desu : Tiga anggota keluarga
Gonin kazoku desu : Lima anggota kelurga
Rokunin kazoku desu : Enam anggota keluarga
Shichinin kazoku desu : Tujuh anggota keluarga

Sannin kyoudai desu : Tiga bersaudara
Futari kyoudai desu : dua bersaudara
Yonin kyoudai desu : Empat bersaudara
Gonin kyoudai desu : Lima bersaudara
Rokunin kyoudai desu : enam bersaudara

KAIWA
A: nan nin kazoku desuka.      (berapa jumlah anggota keluargamu)
B: …nin kazoku desu.                        (…orang)        
A: nan nin kyoudaidesuka.     (berapa bersaudara)
B: …nin kyoudaidesu./hitorikkodesu.            (…orang)/anak tunggal)


DAFTAR STRUKTUR “KELUARGA SAYA” (WATASHI NO KAZOKU)




 ぶんぽうBunpou (Tata Bahasa)
POLA KALIMAT                                                                                                                                                     
(Saudara kandung) ga (jumlah orang) nin imasu.

Contoh
Ani ga hitori imasu.(kakak laki-laki saya ada satu orang) あにが ひとり  います。
Ane ga futari imasu.(kakak perempuan saya ada dua orang) あねが   ふたり います。
Otouto ga sannin imasu.(adik laki-laki saya ada tiga orang) おとうと が さんにん います。
Imouto ga yonin imasu.(adik perempuan saya ada empat orang) いもうとが よにん います。
Ani ga futari imasu.(kakak laki-laki saya ada dua orang) あにが ふたり います。
Ane ga yonin imasu.(kakak perempuan saya ada empat orang) あねが よにん います。
Otouto ga hitori imasu.(adik laki-laki saya ada satu orang) おとうとが ひとり います。
Imouto ga shichinin imasu.(adik perempuan saya ada tujuh orang) いもうとが しちにん います。
Ane ga sannin imasu.(kakak perempuan saya ada tiga orang) あねが さんにん います。



Bagaimanakah menggabungkan banyaknya saudara menjadi satu kalimat?
Bagaimanakah menggabungkan banyaknya saudara menjadi satu kalimat?
Pola kalimat
....(saudara kandung)... GA ....(jumlah orang).....   TO

.....(saudara kandung)... GA  ...(jumlah orang).... 
IMASU.

Contoh kalimat
Ani ga hitori to otouto ga futari imasu.
私は兄が一人と弟が二人います。
(kakak laki-laki saya ada satu orang dan adik laki-laki saya ada dua orang)
Otouto ga hitori to imouto ga futari imasu
(adik laki-laki saya ada satu orang dan adik perempuan saya ada dua orang)

Ani ga futari to ane ga futari to otouto ga futari to imouto ga futari imasu
(kakak laki-laki saya ada dua orang dan kakak perempuan saya ada dua orang dan adik laki-laki saya ada dua orang dan adik perempuan saya ada dua orang)

2 comments:

Anonymous said...

Makasih sensei buat kisi-kisinya

Unknown said...

oke sama2, maaf rada telat membalas pesannya