Sunday, September 2, 2012

materi UHT kelas xii sem 1


MATERI I.
 LKS HAL 16 





LKS HAL 20




LKS HAL 24
 


MATERI II
Hima na toki
ひまなとき
(waktu senggang)

Asobimasu (bermain-main)
Oyogimasu (berenang)
Tomodachi ni aimasu (bertemu teman)
Eiga wo mimasu (menonton film)
Sanposhimasu (jalan-jalan)
Kaimonoshimasu (berbelanja)
Hanashi wo shimasu (bercakap-cakap)
Sakka wo shimasu (bersepak bola)
Catatan
Asobimasu : hanya digunakan untuk menyatakan kegiatan bermain secara umum dan tidak digunakan untuk menyatakan kegiatan olahraga
Sanposhimasu : hanya digunakan untuk menyatakan kegiatan ”jalan kaki santai” di lingkungan rumah, seperti jalan pagi, jalan sore

Tempat (basho)
Ichiba : pasar
Suupaa : supermarket
Depaato : Departemen Store/mall
Puuru : kolam renang
Umi : laut

Tomodachi : teman

Pola kalimat
1. KB (orang) to KK masu.
Pola kalimat ini menyatakan ”melakukan kegiatan dengan orang lain”
Partikel ()/ to digunakan untuk penanda ”pasangan/ teman untuk melakukan kegiatan”
Partikel ()/ ni digunakan untuk menyatakan ”bertemu dengan orang”

Latihan
。。。。     。。。。     。。。。。ます
 (orang)     to   …(obyek) wo   (kata kerja) masu


ともだちと えいがを みます。
Tomodachi to eiga wo mimasu
Saya menonton film bersama teman

アリ二さんと いちばへ いきます。
Arini san to ichiba e ikimasu
Saya pergi ke pasar bersama Arini

ははと かいものします
Haha to kaimonoshimasu
Saya pergi berbelanja bersama Ibu

二ナさんに あいます
Nina san ni aimasu
Saya bertemu Nina

Pola kalimat 2
。。。。   。。。。     。。。。     。。。。。ます
..(tempat)..de    (orang)     to   …(obyek) wo   (kata kerja) masu

レストランで ともだちと はなしを します。
Resutoran de tomodachi to hanashi wo shimasu.
Saya berbincang-bincang bersama teman di restoran

うちで やまださんと テレビを みます。
Uchi de Yamadasan to terebi wo mimasu
Saya menonton TV bersama Yamada di rumah

デパートで あねと かいものします。
Depaato de ane to kaimonoshimasu.
Saya berbelanja bersama kakak perempuan di Mall

プールで ともだちと およぎます。
Puru de tomodachi to oyogimasu.
Saya berenang bersama teman di kolam renang

@SOAL MATERI II tanpa hiragana

No comments: