Sunday, September 15, 2013

CATATAN B.JEPANG KELAS XI SEM 1

Chichi wa kyoushi desu
(ayah saya seorang pengajar)

Usia
  1. issai*                           8. hassai*
  2. nisai                             9. kyusai
  3. sansai                           10. jussai*
  4. yonsai                          11. juu issai
  5. gosai                            15. juu gosai
  6. rokusai                         20. hatachi*
  7. nanasai                                    nansai : berapa umurnya?

I. Pola Kalimat
.....KB(orang)... wa .....KB(bilangan usia).... desu
Ø  pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan usia

contoh kalimat
a.       watashi wa juu gosai desu
b.      chichi wa go jussai desu
c.       haha wa yon juu hassai desu
d.      ani wa hatachi desu
e.       imouto wa jussai desu
contoh percakapan sederhana untuk menanyakan usia
Q: Oniisan wa nansai desuka.(berapa umur kakak laki-laki mu)
A: Ani wa hatachi desu (kakak laki-laki saya berumur 20th)

Kosakata (goi)
  1. Koumuin                                 11. ryoushi
  2. kaishain                                   12. shougakusei
  3. ginkouin                                  13. chuugakusei
  4. gunjin                                      14. koukousei
  5. enjinia                                      15. daigakusei
  6. keisatsukan                              16. resutoran
  7. isha                                          17. mise
  8. kyoushi                                    18. kissaten
  9. shufu
  10. nouka

II. Pola Kalimat

....KB(orang)... wa ....KB(pekerjaan)... desu. /  ...KB(tempat usaha)... wo yatte imasu
> pola kalimat ini [....KB(anggota keluarga)... wa ....KB(pekerjaan)... desu]digunakan untuk menyatakan pekerjaan/profesi orang tersebut
> [...KB(tempat usaha)... wo yatte imasu ] digunakan untuk jenis pekerjaan wirausaha


Contoh kalimat
  1. Ani wa daigakusei desu (kakak laki-laki saya seorang mahasiswa)
  2. Haha wa koumuin desu. (ibu saya seorang PNS)
  3. Chichi wa isha desu. (ayah saya seorang dokter)
  4. Ane wa resutoran wo yatte imasu. (kakak perempuan saya berwirausaha resutoran)
contoh percakapan sederhana untuk menanyakan pekerjaan orang
Q: Oniisan no shigoto wa nandesuka (Apakah pekerjaan kakak laki-laki Anda?)
A: Ani wa isha desu (kakak laki-laki saya seorang dokter)

KAIWA 5
A: Ohayou gozaimasu
B: Ohayou
A: Sumimasenga, Oneesan wa nansai desuka (berapa usia kakak perempuanmu?)
B: Ane wa hatachi desu. (kakak laki-laki saya berusia 20th)
A: Oneesan no shigoto wa nandesuka (apa pekerjaan kakak perempuan?)
B: Ane wa daigakusei desu
A: aaa soudesuka, doumo arigatou gozaimasu

B: iie, douitashimashite

No comments: