Wednesday, May 30, 2012

"NANJI NI NEMASUKA"


"NANJI NI NEMASUKA"

Nemasu : tidur
Okimasu : bangun tidur
Ikimasu : pergi
Kimasu : datang
Kaerimasu : pulang
Mainichi : setiap hari
Maiasa : setiap pagi hari
Maiban : setiap malam hari

Kata bantu untuk (Ikimasu, Kimasu, Kaerimasu) menggunakan (E)
CONTOH
Mira san wa bali e ikimasu. (Mira pergi ke bali)
Cinta san wa uchi e kaerimasu. (Cinta pulang ke rumah)
Wayan san wa gakkou e kimasu. (Wayan dan ke sekolah)          
Bagaimanakah penggunaan mainichi, maiasa, maiban disertakan ket waktu jam
Pola kalimat
…(Ket waktu)…   …(jam)… ni …(kata kerja) masu.
1. Maiasa rokuji ni okimasu.(setiap pagi hari saya bangun pada jam 6)
2. Maiasa  shichiji ni mizu wo abimasu.(setiap pagi hari saya mandi pada jam 7)
3. Maiban hachiji han ni shukudai wo shimasu.(setiap hari saya mengerjakan PR pada jam 08.30 malam)
4. Maiban juuji ni nemasu.(setiap malam hari tidur pada jam 10)

Penggunaan kata GORO
Pola kalimat
…(Ket waktu)…  …(jam)… goro …. (katakerja)masu
1. Maiban hachiji goro gohan wo tabemasu.(setiap malam saya makan nasi kia-kira pada jam 8)
2. Maiasa  goji goro oinorishimasu.(setiap pagi saya berdoa kira-kira pada jam 5)
3. Mainichi ichiji han goro uchi e kaerimasu.(setiap hari saya pulang ke rumah kira-kira pada jam 01.30 siang)
4. Maiban kuji goro shawaa wo abimasu.(setiap malam saya mandi shower kira-kira pada jam 9)
5. Kotaro san wa maiban kuji goro hon wo yomimasu. (setiap malam hari kotaro membaca koran sekitar jam 9)

Contoh percakapan
1. Q : asa, nanji ni okimasuka.(pagi hari kamu bangun pada jam berapa ?)
    A : rokuji goro okimasu.(saya bangun kira-kira pada jam 6)

2. Q : hiru, nanji ni tabemasuka. (pada siang hari kamu makan jam berapa?)
    A : ichiji goro tabemasu. (saya makan kira-kira jam 1)

3. Q : yoru, nanji ni benkyoushimasuka. (pada malam hari kamu belajar jam berapa?)
    A : hachiji goro benkyoushimasu. (saya belajar kira-kira jam 8)

Kaiwa no renshuu / latihan percakapan
Anyta  : ohayou gozaimasu
Luna    : ohayou
Anyta  : maiasa, nanji ni oinorimasuka.
Luna    : goji goro oinorishimasu.
Anyta  : mainichi, nanji ni uchi e kaerimasuka.
Luna    : ichiji han goro kaerimasu.
Anyta : maiban, nanji ni gohan wo tabemasuka.
Luna    : shichiji goro tabemasu.
Anyta  : doumo arigatou gozaimasu
Luna    : iie douitashimashite

No comments: